Kamis, 06 Februari 2020

saran untuk maba Jurusan Teknik

1. belajar bahasa inggris  hampir semua Textbook yang digunakan adalah buku yang berbahasa inggris. Jurnal dalam ranah teknik pun sebagian besar bahasa inggris

2. mengetahui alpabet Yunani , karena alphabet yunani sering digunakan sebagai simbol-simbol dalam persamaan fisika, minimal kita bisa mengetahui pengucapannya agar bisa ngomong dan bertanya kepada dosen dikelas

3. memahami konsep, bukan mengingat. mengingat adalah tingkatan terendah dalam belajar. untuk mahasiswa sudah sebaiknya level belajarnya ia mengerti dan memahami konsep. efek tambahan lainnya dari banyak membaca ialah banyak referensi untuk menulis. jika kita banyak membaca maka kita bisa banyak menulis, jika sudah banyak membaca tapi nggak bisa menulis berarti anda tidak paham apa yang anda baca (ini quote dosen saya). semakin banyak membaca, kitu juga bisa ensitesis metode/solusi yang baru.

4. mempelajari dasar ilmu-ilmu Matematika Fisika Kimia dan Komputer. Ingat , teknologi itu adalah multidisiplin ilmu, tidak bisa berdiri sendiri. Matematika dan Komputer (maksudnya ilmu pemograman ) sudah digunakan untuk mendesain dan merancang sebuah sistem yang optimal.
sudah pernah coba hitung perkalian 2  matrix 7x7 pake tangan ? Tugas akhir teman saya matrix nya 50 x 50.
 pada ilmu mesin dan material, ilmu fisika dan kima bersama-sama digunakan. saya menyadari hal ini karena setelah merenungkan pada skala atom, sulit sekali menetukan sebuah fenomena digolongkan menjadi kajian ilmu fisika atau kajian ilmu kimia.

5. bila ingin menguasai sebuah buku, mulailah dari mempelajari index.  buka halamn paling belakang , index dibaca. kemudian cari tau apa arti dari setiap istilah yang tercantum pada index.

 Book Index - YouTube
contoh index buku. source : https://i.ytimg.com/vi/KmtXSFg1TSA/hqdefault.jpg

sekian itu saja dulu saran dari saya, bila ada tambahan akan segera saya cantum disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar